Seiring dengan perkembangan zaman, kanopi makin populer dan marak digunakan pada hunian tapak di daerah beriklim tropis. Saat ini kanopi tidak hanya untuk melindungi dari terpaan hujan atau sinar matahari, tapi juga memberi pencahayaan lebih bagi rumah Anda.

Bahkan, kanopi baja ringan pun menjadi opsi untuk desain rumah minimalis saat ini. Contohnya, bila ingin membuat ruang terbuka di belakang rumah, Anda tidak perlu lagi khawatir terpaan panas atau hujan dengan kanopi ini.

6 Kelebihan Kanopi Baja Ringan

1. Lebih Awet Dan Tahan Lama

Karena bahan logamnya, kanopi baja ringan bisa bertahan hingga puluhan tahun. (Foto: Powersproducts.com)

Karena bahan logamnya, kanopi baja ringan bisa bertahan hingga puluhan tahun. Salah satu keistimewaan kanopi baja ringan adalah daya tahannya pada cuaca ekstrem, termasuk ketahanannya terhadap rayap dan karat.Baja ringan merupakan material logam campuran yang tidak bisa dimakan oleh rayap dan tidak mudah rusak atau berubah bentuk, terlebih saat kanopi sering terpapar oleh perubahan suhu secara terus-menerus. Bahan yang telah dikembangkan sejak tahun 1985 ini dilapisi oleh lapisan anti-karat yang disebut galvalum. Tak heran, baja ringan juga dikenal dengan nama galvalum, karena berbahan dasar campuran 3 jenis logam (zinc, aluminium, dan magnesium) dengan karbon sebagai komponen utamanya.

 

2.    Bahan Ramah Lingkungan Sebagai Pengganti Material Kayu

Penggunaan material non-kayu pada kanopi baja ringan merupakan langkah “hijau” yang baik. (Foto: Kensingtonsystems.co.uk)

Penggunaan material baja ringan dinilai jauh lebih ramah lingkungan. Baja ringan lebih mudah didapat dan bisa menggantikan kayu yang kini semakin langka dan mahal harganya.

Struktur rangka kanopi baja ringan pun lebih ringan dibanding kayu. Lebih bagusnya lagi, hampir tidak ada sisa dan limbah, karena pengaplikasian bahan baja ringan pada kanopi sesuai dengan dimensi dibutuhkan.

Jadi tidak ada lagi yang namanya sampah atau potongan sisa-sisa yang berlebihan. Hal ini juga tergolong praktis karena dapat menekan biaya pembersihan pada penyelesaian bangunan.

3.    Variasi Pilihan Model Kanopi Baja Ringan Beragam

Kanopi baja ringan memiliki desain yang beragam. (Foto: Pikeawning.com)

Anda bisa mengaplikasikan kanopi baja ringan pada hunian mungil dan minimalis dengan beraneka macam model yang ada.

Variasikan pilihan antara jenis tiang penyangga dan rangka atap (single, double, atau cremona) dan jenis material penutup atap (solartuffgo greenonduline, metal, spandexpolycarbonate, atau bahan UPVC seperti Alderon) sebagai langkah awal menentukan model kanopi rumah.

Selanjutnya, tentukan bentuk atap yang sesuai keinginan Anda. Apakah ingin dibuat melengkung, datar atau miring? Selain menggunakan tiang, Anda juga bisa memasang kanopi tanpa tiang dengan atap membran pada rumah Anda agar tampak lebih luas.

4.    Kanopi Baja Ringan Punya Harga Yang Terjangkau

Foto: gensteel.com

Tidak perlu takut bila harga baja ringan akan mahal. Justru harganya lebih masuk akal, lho. Kanopi berbahan baja ringan ini menjadi opsi ekonomis bagi Anda yang ingin tambahan bagi rumah sebagai tempat bersantai atau membuat sebuah acara.

Terlebih Anda yang punya bujet terbatas, rasanya kanopi baja ringan bisa dijadikan opsi. Bukan cuma murah, proses pemasangannya pun lebih mudah dan dapat dipindahkan kapanpun, ke mana pun.

 

5.    Tingkat Keamanan Lebih Tinggi

Foto: harrodhorticultural.com

Dengan daya tahan dan keawetan kanopi berbahan baja ringan, risiko kecelakaan atau roboh akibat kerusakan bisa terhindarkan. Dengan bahan yang kuat, Anda dan keluarga atau teman tidak khawatir ketika dilindungi oleh kanopi. Meski diterpa badai atau cuaca ekstrem pun, kanopi akan kokoh.

Nah, apakah Anda mulai tertarik dengan kanopi baja ringan sebagai opsi Anda? Jika belum alasan terakhir ini bisa jadi penguat niat Anda.

 

 

 

 

6.    Baja Ringan Dapat Membantu Hemat Biaya Listrik

Foto: bakfte.org

Barang-barang yang terbuat dari baja ringan dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran biaya listrik hingga 40 persen.

Contoh, apabila cuaca panas ekstrem melanda tempat tinggal Anda, dengan kanopi baja ringan, suhu tinggi dapat dikurangi. Maka, Anda tidak perlu repot menyalakan seluruh AC dalam rumah agar terhindar dari gerah, tapi cukup berada di bawah kanopi Anda untuk ngadem.

Bahan baja ringan menyerap panas dan ‘membuang’ panas tapi dalam suhu yang lebih rendah ternyata. Maka dari itu, Anda akan menghemat biaya listrik bulanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *